fbpx

Mengenal 9 Kontinum Tempramen Anak

mengenal 9 kontinum tempramen anak

Setiap anak memiliki tempramen bawaan lahir mereka sejak lahir. Lalu bagaimana kita menyikapi tempramen anak ?
Temperamen adalah bagaimana manusia bereaksi terhadap sesuatu diluar dirinya. Temperamen ada sejak lahir dan tidak dapat diubah, namun prilakunya dapat diarahkan.
Tempramen ini tidak dapat dihilangkan namun dapat diasah dan diarahkan menjadi lebih baik.
Sebelum saya masuk menjelaskan tentang apa yang terjadi, saya ingin sharing tentang 5 Prinsip Pengasuhan Mencintai Lebih Baik, yang disingkat dengan Prinsip CINTA Keluarga Kita. Ingin tahu kan?

Yang pertama : Cari Cara, pengasuhan adalah sebuah perjalanan dengan tujuan jangka panjang. Di setiap fase tumbuh kembang, sebagai orang tua kita pasti menghadapi tantangan-tantangan, seperti misalnya anak lepas pampers di usia 1,5 hingga 2 tahun.

Kedua : Ingat Impian Tinggi. Sebagai orang tua, seringkali kita lupa, bahwa anak-anak kita itu sebenarnya sudah punya kemampuan untuk menyelesaikan tugas-tugas perkembangannya, dan kita sebagai orang tua hanya perlu untuk percaya kepada mereka, anak-anak kita.

Ketiga : Nerima Tanpa Drama. Kebahagiaan itu kita rasa tidak hanya saat anak kita memenuhi syarat dan mendapat piala, namun sebaliknya di saat anak kita sedang jatuh, kita perlu ada untuk memberikan dukungan tanpa syarat kepada mereka.

Keempat : Tidak Takut Salah. Menjadi orang tua butuh untuk terus belajar karena tidak ada keluarga yang sempurna. Selalu ada kesempatan kedua, kita bisa belajar dari kesalahan-kesalahan yang kita lakukan, dan beradaptasi dengan perubahan jaman.

Kelima : Asyik Bermain Bersama. Dalam sebuah keluarga interaksi hangat dan humor menjadi candu bila dilakukan bersungguh-sungguh. Setiap hubungan bukan hanya butuh kedekatan dan keintiman, namun juga butuh keseruan. Mengarahkan keseimbangan aktivitas yang menyenangkan untuk anak menjadi kunci menumbuhkan bakat dan minat yang beragam.

Prinsip Cinta Keluarga Kita,ini mesti diingat oleh seluruh orang tua, agar merasa bahagia saat mendampingi tumbuh kembang anak-anaknya, apapun yang terjadi.
Nah berikutnya, kita sebagai orang tua, perlu untuk mengenal anak-anak kita secara lebih dalam. Salah satunya melalui Temperamen.

Apa itu Temperamen? Temperamen yang dimaksud disini adalah bagaimana manusia bereaksi terhadap sesuatu di luar dirinya. Temperamen ini bawaan lahir, tidak dapat diubah, namun perilakunya dapat diarahkan. Ada 9 Kontinum Temperamen yang salah satu atau beberapa diantaranya dimiliki oleh anak-anak kita.

1. Berkaitan dengan Aktivitas, yakni jumlah tenaga yang dikeluarkan oleh tubuh. Ada anak yang banyak gerak, dan ada pula anak yang cenderung duduk diam.

2. Distraksi, yakni bagaimana seseorang dengan mudahnya dapat teralih konsentrasi dan perhatiannya pada stimulus / rangsang yang muncul tiba-tiba. Ada anak yang mudah untuk berkonsentrasi, dan ada pula anak yang sulit berkonsentrasi dan fokus pada satu aktivitas tertentu.

3. Berkaitan dengan intensitas emosi, yakni bagaimana seseorang bereaksi, termasuk menunjukkan suasana hati pada situasi yang positif dan negatif. Ada anak yang suka memendam reaksi emosional, ada pula anak yang cenderung eksprsif menyatakan reaksi emosionalnya.

4. Berkaitan dengan keteraturan, yakni ketepatan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

5. Ambang sensori, yakni kepekaan seseorang terhadap stimulus-stimulus yang hadir melalui panca indera kita. Apakah kita bisa tidur pulas, walau suasana berisik atau sebaliknya.

6. Pendekatan atau Penolakan, yakni bagaimana reaksi seseorang terhadap situasi baru. Apakah kita menyukai bertemu dengan orang-orang baru dikenal, atau tidak.

7. Adaptif, yakni kecepatan seseorang beradaptasi dengan perubahan. Apakah kita mudah menerima kegiatan baru atau tidak?

8. Ketekunan, yakni seberapa orang dapat bertahan menghadapi situasi sulit tanpa menyerah. Apakah kita mudah beralih ke aktivitas lain saat menemui hambatan?

9. Suasana hati, yakni bagaimana seseorang menunjukkan kondisi hatinya yang positif dan negatif. Bersikap kaku atau ceria di berbagai kesempatan.

Dengan mengenal 9 kontinum tempramen anak maka semakin mengenal tempramen anak-anak kita, dengan begitu kita tahu apa yang harus kita lakukan saat membersamai anak dalam pembelajaran dari saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Admin Pusat
Admin Pusat
Hallo Kak, salam kenal.
Silahkna hubungi Admin Pusat untuk informasi tentang produk CoolBee Kids.
Terimakasih